Intip deh Keindahan 5 Taman Kota Terbesar di Dunia

Taman kota yaitu ruang yang biasanya dibentuk dalam kota supaya masyarakatnya tetap memiliki ruang untuk menghirup oksigen dengan lega di tengah hiruk pikuk kehidupan kota besar. Di sebuah kota besar harusnya sudah mempunyai taman kota karena dengan demikian akan mencegah kota dipenuhi oleh serta jalanan yang menjadikan pohon menipis. Namun dengan diharuskannya taman kota karena itu tentunya kota itu harus menyisihkan beberapa lahannya supaya digunakan untuk taman kota yang ditanami dengan tumbuhan sejuk yang bisa menjadikan kawasan sekitar kota menjadi semakin sejuk.

Nampaknya adanya taman kota ini banyak dijadikan perkotaan untuk membangun taman kota sebesar-besarnya sehingga pada taman kota itu warga dapat melakukan bermacam kegiatan misalnya lari atau hanya duduk-duduk di sekitar lingkungan taman.

 

Diantara banyaknya taman kota yang ada di belahan dunia lain ada beberapa yang berpredikat sebagai taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia dengan kawasan yang mencapai puluhan hektar atau bahkan ratusan hektar. Pastinya dengan luas yang besar taman kota ini lebih mirip hutan bukan taman kota. Biasanya akan butuh waktu cukup lama sampai taman kota itu bisa berkembang dengan baik sampai pohon-pohon yang ada di dalamnya tumbuh besar dan tinggi menjulang.

Taman kota yang sangat luasnya tentu menjadikan lingkungan udara di kota besar akan jauh lebih segar dan sehat bagi seluruh masyarakat di kota tersebut.

 

Stanley Park Canada

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : vancouver[.]de

Pantas jika Stanley Park disebut sebagai taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia tetapi Stanley Park ini ternyata adalah taman kota yang berusia sudah sanat tua, pasalnya taman ini terletak di Canada dan sudah ada dari tahun 1888 dan sejak tahun itu perkembangannya terus cepat sehingga kini di Stanley Park banyak pepohonan yang menjulang tinggi dan umurnya sama dengan kota tersebut. Luasnya mencapai 450 hektar, lokasi Stanley Park sendiri berada di area Vancouver, bukan Cuma masyrakatnya saja yang memanfaatkan ini tetapi taman ini telah menjadi rumah bagi 500 fauna liar yang terdapat di Vancouver Kanada.

 

 

The Highline New York

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : nycgovparks[.]org

Taman kota ini memang bukanlah taman kota terbesar di dunia namun bisa jadi taman kota terluas di daerahnya. The Highline mulanya adalah rel kereta api highline yang berada lebih tinggi dari jalan raya di bawahnya, namun pada sekitar sejak sekitar 25 tahun lalu area rel ini kereta api ini berubah fungsinya dan ditumbuhi oleh tanaman-tanaman liar yang tetap sampai detik ini. Namun tentunya tanaman yang ada di highline saat ini dibuat dengan lebih rapi sehingga layak dijadikan sebagai taman kota, dengan diberi bangku-bangku panjang di sekitarnya maka jadilah the highline sebagai taman kota yang berada di ketinggian. Rel kereta yang dulu masih ada namun sudah ditumbuhi dengan berbagai tanaman. Taman kota ini besarnya mencapai 159 hektar.

 

Garden By The Bay, Singapore

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : slowpoland[.]pl

Taman kota terluas dan taman kota terbesar di dunia yang besarnya sekitar seluas 101 hektar ini bukanlah taman kota yang sudah tua, malahan umurnya masih dapat dihitung pakai jari tangan. Ialah Garden By The Bay yang letaknya berada di kawasan bisnis yang ada di negri singa, merupakan sebuah taman kota dengan pohon-pohon yang tinggi menjulang bahkan sampai 164 kaki tingginya, walaupun bukan taman kota yang paling tua tapi pohon yang ada di sana telah sangat tinggi. Selain itu ada bermacam-macam jenis pepohonan yang ada di sana. Dipadukan dengan tata letak yang canggih taman ini menjadi taman kota yang sebagai sumber oksigen di Singapura.

 

Kalian bisa lho mendapatkan Potongan tiket masuk untuk ke Garden By The Bay sebesar Rp 75.000. Mau tau caranya? Klik aja langsung Promo Go-Points

 

Boston Common, Massachussets

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : gardendesign[.]com

Sebetulnya agak kurang cocok disebut sebagai taman kota terluas atau taman kota terbesar di dunia tapi Boston Common, Massachussets lebih cocok disebut sebagai taman kota yang paling tua di Amerika Serikat. Karena taman kota ini benar-benar sudah ada pada sebelum terjadinya Revolusi Amerika, dulunya banyak tentara Inggris yang datang ke taman ini untuk sekedar berkumpul di sebagian spot yang merupakan basecamp bagi anggota militer Inggris tersebut terdahulu. Luasnya sekitar 20 hektar dan berlokasi di Massachussets. Jika Anda datang ke sana Anda bakal disambut dengan cantiknya pohon-pohon yang usianya telah ratusan tahun.

 

Kalian ingin liburan? Cari aja kebutuhannya di sini : Paket wisata murah, cari Hotel murah, dan Tiket pesawat murah

 

Lurie Garden, Illinois

taman kota terbesar di dunia
Photo credit : expedia.co[.]id

Taman ini cuma sebagian kecil yang mencakup taman modern yang ada di Amerika Serikat yang pastinya lebih besar dan bisa dikatakan sebagai taman kota terbesar di dunia. Di lurie Garden yang luasnya sekitar 2 hektar ini Anda bisa merasakan kecantikan beragam tanaman yang bunganya mekar terutama pada saat musim semi. Lurie Garden lebih terbuka keadaannya dikarenakan lebih banyak ditumbuhi oleh tanaman pendek daripada tanaman yang tinggi menjulang. Taman ini benar-benar indah dan asri.

Udah tau kan taman kota mana saja yang menjadi taman kota terbesar di dunia? Kalo kota-kota besar di Indonesia punya taman sebesar dan seindah itu, sepertinya kalian akan betah tinggal di kota besar. Karena setiap ingin merefresh beban pikiran, kalian dapat berjalan menyusuri taman untuk menghilangkan penat. Terlebih lagi jika fasilitas dan sarana yang disediakan cukup lengkap. Tenang saja, Indonesia juga punya ko wisata alam yang gak kalah indahnya. Mau tau? Cek aja di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s