Belajar Membatik di Kampung Batik Semarang

Pasti kalian sudah mengenal dengan bahan bermotif cantik ini? Yap inilah Batik. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, seharusnya batik Telah terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Karena mulai dari bangku sekolah saja, kita sudah familiar dengan batik yang biasa dipakai untuk baju sekolah setiap 1 minggu sekali. Dari mulai anak kecil sampai orang dewasa pun sangat menyukai kain bermotif khas Indonesia ini. Sebelum kita bahas kampung batik semarang lebih jauh, mari kita ketahui asal usul batik itu sendiri.

Batik adalah kain bergambar yang cara pembuatannya secara khusus dengan cara menuliskan malam pada bahan dengan motif atau corak tertentu yang memiliki ke-khasan tersendiri. Secara keseluruhan, Batik Indonesia dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2009.

kampung batik semarang
Photo credit : ikatbag.com

Di negara ini sendiri, kota pengrajin batik itu sangat banyak. Mulai dari pulau jawa, sumatera sampai pulau Kalimantan pun mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat motif batik. Di beberapa daerah mempunyai motif tersendiri yang menggambarkan kebudayaan dari daerah tersebut. Di pulau jawa daerah yang paling popular penghasil batik adalah Solo, Yogyakarta dan Pekalongan sedangkan di pulau Kalimantan daerah yang terkenal adalah Kalimantan Selatan.


Baca juga : Melihat Wisata Alam dan Sejarah Goa Kreo, Semarang


Tidak ada yang menyangka kota Semarang yang terkenal dengan Lumpia nya yang lezat ini bisa sebagai daerah penghasil Batik. Memang kota ini jarang diperhitungkan sebagai daerah penghasil batik di Indonesia, tapi taukah kalian bahwa di suatu daerah di kota ini mempunyai kampung wisata penghasil batik? Di Semarang lebih dikenal dengan Kampung Batik Semarang.

 

kampung batik semarang

kampung batik semarang

 

Kampung batik Semarang terletak di Semarang Timur, yang lokasinya. Di kampung kecil ini terdapat cukup banyak pengrajin batik yang membuka tokonya di rumah mereka. Kampung Batik Semarang ini juga sudah direncanakan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah Semarang. Jadi bagi wisatawan lokal maupun internasional bisa berkunjung ke kampung ini.

 

Batik Handayani

Pada bulan Mei yang lalu, tim Ezytravel mengadakan media trip Semarang dengan teman-teman media. Salah satu destinasinya adalah Kampung Batik. Pada waktu itu kami berencana pergi ke salah satu toko yang ada di kampung batik Semarang, nama tokonya adalah Batik Handayani. Lokasi batik Handayani ini cukup strategis, toko kepunyaan Ibu Rini ini menjadi yang pertama ditemui jika kalian berkunjung ke Kampung Batik Semarang. Berada di posisi paling depan setelah gang masuk Kampung Batik, menjadikan toko ini sebagai toko pertama yang akan dikunjungi pengunjung.

 

kampung batik semarang

kampung batik semarang

 

Setelah sebelumnya menginformasikan bahwa tim Ezytravel dan teman-teman media akan mengunjungi Kampung Batik, Ibu Rini selaku pemilik, telah mempersiapkan sedikit ilmu untuk menambah wawasan kami mengenai Batik dan kampung batik Semarang itu sendiri.

Beberapa alat sudah disediakan oleh Ibu Rini seperti kain yang sudah dimotif dan, canting dan malam.

 

kampung batik semarang

 

Hal yang harus diperhatikan sebelum membatik adalah kalian harus tau bagaimana cara memegang kain yang benar dan cara memposisikan canting denganbenar. Sehabis mendapatkan penjelasan sedikit mengenai cara membatik, kami pun langsung mencoba membatik kain putih yang sudah dimotif sebelumnya.

 

Kelihatannya membatik itu sepertinya mudah, tetapi jika prakteknya membatik itu cukup sulit bagi orang yang tidak mempunyai jiwa seni dan tingkat kesabaran yang tinggi. Jadi wajar saja jika batik dihargai mahal di pasaran, apalagi untuk batik tulis yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

 

kampung batik semarang

 

Jika sudah selesai membatik, ada beberapa proses yang harus dilewatkan lagi untuk mencapai hasil yang baik. Pemberian warna pada batik diberikan untuk mempercantik hasil karya para peserta kursus ini. Setelah itu barulah batik di jemur sebentar untuk mengeringkan proses pewarnaan. Dengan 5-10 menit saja dijemur dibawah panasnya matahari, setelah itu batik langsung dicelupkan lagi ke air yang sudah diberikan campuran dengan cairan naptol dan campuran garam. Proses ini adalah proses pencerahan warna yang sudah diberikan sebelumnya. Sehabis itu, barulah kain dijemur lagi sampai kering.

 

kampung batik semarang

 

Selagi menunggu kain batiknya telah kering, kami dan teman-teman media mengelilingi kampung batik Semarang ini. Ternyata kampung batik ini sudah di renovasi dan diberikan hiasan-hiasan menarik sehingga wisatawan tertarik untuk datang ke sini. Seperti salah satu gang ini yang temboknya sudah digambar asal muasal sejarah dari Kota semarang.

 

kampung batik semarang

kampung batik semarang

 

Waktu pun terus berlalu, ternyata kami sudah cukup lama berkeliling di kampung batik Semarang ini, dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Batik Handayani dan segera mengambil batik yang sudah dikreasikan oleh peserta media trip semarang. Perlu diperhatikan bahwa Batik Handayani tidak hanya membuka kursus belajar membatik saja, namun toko ini menjajakkan berbagai macam hasil karya dari batik seperti baju, kemeja, dan tas yang harganya sangat terjangkau untuk mutu batik yang lumayan bagus. Pastinya kami tidak lupa mengambil foto bersama sebagai tanda kami sudah pernah belajar dan berkreasi di kampung Batik Semarang ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s