Yuk Belajar! Sejarah Sam Po Kong dan Perkembangannya Saat Ini

Sam po Kong. Jika kalian mendengar mengenai tempat ini, kalian akan langsung terpikirkan tentang kota Semarang . Semarang identik sekali dengan wisata Sam Po kong, begitu juga sebaliknya. Kebanyakan orang Semarang pun telah berkunjung tempat ini, tetapitidak banyak orang yang mengetahui sejarah Sam Po Kong lebih dalam. Untuk itu kami dan teman-teman media mengunjungi Sam Po Kong untuk melihat dan mengetahui secara langsung mengenai sejarah Sam Po Kong dan menikmati keindahannya. Untuk yang belum membaca perjalanan media trip ke semarang bareng Ezytravel.co.id bisa baca terlebih dahulu biar gak melewatkan keseruannya.

Langsung aja yuk, info apa saja sih yang kami dapatkan selama perjalanan ke Sam Po Kong.

Sebelum membahas mengenai sejarah Sam Po Kong lebih dalam , kami akan menginfromasikan mengenai alamat klenteng ini. Sam Po Kong terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Perjalanan menuju Sam Po Kong juga sangat mudah di capai. Banyak transportasi umum yang telah beroperasi dan melalui klenteng ini. Untuk lebih jelas baca ini untuk mengetahui akses transportasi umum menuju Sam Po Kong.

Setibanya di Sam Po Kong, kalian akan langsung meilihat parking area yang luas untuk menampung kendaraan para pengunjung. Bukan hanya parking area nya yang luas, pintu besar yang menjadi landmarknya Sam Po Kong juga akan kalian lihat.

sejarah sam po kong
Salah satu sudut landmark Sam Po Kong

Tiket masuk Sam Po Kong hanya sekitar lima ribu rupiah saja untuk setiap pengunjung yang datang. Harga yang cukup murah untuk tiket wisata wisata bersejarah ini. Tour guide juga disediakan oleh pengelola bagi kalian yang membutuhkan jasa pemandu untuk mendapatkan informasi yang cukup banyak dan dalam.

Karena kami membutuhkan informasi yang mendalam tentang sejarah Sam Po Kong, maka dari itu kami membutuhkan seorang tour guide. Akhirnya kami pun memakai jasa pemandu dengan biaya hanya Rp 35.000 untuk satu rombongan kecil.

Sam Po Kong merupakan persinggahan Laksamana dari Tiongkok bernama Cheng Ho yang sangat bersejarah. Laksamana Ceng Ho sedang berlayar di Laut Jawa pada saat itu, namun pada suatu hari banyak awak kapal yang jatuh sakit. Kemudian ia memerintahkan untuk bersauh/bersandar di pantai utara Semarang ini.

Dia pun berlindung di salah satu goa batu dan mendirikan sebuah Masjid di sekitar pantai yang sekarang beralih fungsi menjadi sebuah Klenteng .

Bangunan ini dulunya berada di Pantai Utara Semarang. Tetapi yang kita lihat sekarang, Sam Po Kong telah berada jauh dari bibir Pantai Utara Semarang. Penyebabnyadiakibatkan oleh pendangkalan Pantai Utara Jawa secara terus menerus. Nah proses sedimentasi inilah yang membuat bangunan ini sekarang telah berubah menjadi daratan.

Bayangkan saja, proses sedimentasi ini sangat menakjubkan. Karena jarak Sam Po Kong saat ini dengan laut cukup jauh.

sejarah sam po kong
Patung Laksamana Cheng Ho

Setelah Ceng Ho meninggalkan kawasan ini, banyak awak kapal yang tidak melanjutkan perjalanannya dan akhirnya menikah dengan warga setempat. Sebelum itu Ceng Ho telah memberikan pelajaranbercocok tanam kepada awak-awak kapalnya untuk diterapkan di sini.

Kemudian masyarakat Tionghoa mendirikan kelenteng untuk penghormatan kepada Ceng Ho dengan gelar Sam Po Tay pada tahu 1724. Kini ada juga patung Sam Po Tay dengan dibalut emas yang berlokasi di Goa di bawah Kelenteng.

Untuk memasuki kawasan klenteng/tempat beribadah bagi orang Tionghoa, kalian harus membeli tiket lagi. Tiket masuknya sekitar Rp 20.000 untuk satu orang. Kalian bisa memasuki area klenteng dengan gratis apabila kalian beribadah di sana. Ketika berada di sana kalian bakal lebih di jelaskan mengenai perjalanan Ceng Ho oleh pemandu.

sejarah sam po kong
Klenteng paling besar di Sam Po Kong

Karena Klenteng ini masih aktif, kalian tidak di izinkan mengambil fotoapabila ada orang yang beribadah. Spot untuk berfoto di depan kelenteng agar tidak menggagu kekhusyuan orang yang sedang beribadah.

Di bawah klenteng ini, terdapat Goa yang berisi peninggalan Laksamana Ceng Ho. Peninggalan berupa hiasan atau bawaan saat masih berlayar yang masih tersimpan baik di sini. Tidak ada orang yang boleh masuk ke dalam Goakecuali ara kyai yang ada di sini, dikarenakan tempat ini dianggap sacral oleh umat Tionghoa.

sejarah sam po kong

Jangkar Kapal kepunyaan Ceng Ho merupakan salah satu klenteng yang juga menyimpan barang peninggalan Ceng Ho.

Selain Klenteng utama dan goa yang terdapat di bawah klenteng itu, ada kurang lebihempat tempat pemujaan lainnya. Keempat nama tempat ibadah ini adalah Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, dan Kyai Tumpeng.

Terdapat relief batu dibagian belakang yang menjadi symbol kedatangan Cheng Ho sampai ia meninggalkan kawasan ini. Semua cerita dari pemandu bakal kalian dapatkan di sini.

sejarah sam po kong
Relief perjalanan Cheng Ho

Setelah kami cukup lama mengelilingi Sam Po Kong, setelah itu kami beristirahat di suatu pendopo besar. Kesempatan ini tidak kami gunakan untuk mengambil foto bersama sebagai kenangan kami telah mengunjungi Sam Po Kong. Untuk baca keseruan Media trip ke Semarang bersama Ezytravel.co.id atau kalo kalian mau membeli paket wisata Semarang, kalian kalian bisa mampir ke sini ya.

paket wisata semarang
Klik Gambar untuk info lebih lanjut

 

Pilihan menarik untuk kalian yang ingin berlibur ke Semarang:  Hotel di Semarang dan Paket Wisata Semarang

Tempat yang menarik sebagai tempat wisata untuk Sam Po Kong menjadi kesan yang ada dibenak kami. Banyak informasi yang bisa kita ambil dan share dari sejarah Sam Po Kong di masa lalu. Mulai dari awal kedatangan Laksamana Cheng Ho sampai berdirinya Sam Po Kong sampai saat ini. Selain belajar mengenai sejarah Sam Po Kong, Klenteng ini juga keren dan instgrammable lho Ezytravelers. Kalian bisa berfoto seperti sedang berada di negeri Tionghoa. Sekian perjalanan kami di Sam Po kong, tunggu destinasi kami selanjutnya ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s