Mau ke Jepang Bebas Visa? Pakai Saja Visa Waiver ini !

Bagi Ezytravelers yang mau berlibur ke Jepang, wajib tau nih informasi mengenai visa waiver Jepang yang bisa buat perjalanan kalian makin mudah dan gak mahal. Apa itu visa waiver? Visa waiver ialah peraturan pemerintah Jepang yang memberikan izin untuk masyarakat Indonesia untuk masuk ke Jepang bebas visa alias kalian bisa berlibur ke Jepang tanpa harus menggunakan visa.

Namun harus diperhatikan ya, Ezytravelers, kalau visa itu adalah rekomendasi yang diberikan untuk warga negara asing untuk bisa masuk ke negara tujuan. Jadi memiliki visa tidak berarti kalian pasti diberikan izin untuk masuk ke Jepang dimana ketentuan itu ada pada pihak imigrasi Jepang saat Ezytravelers sampai di airport Jepang.

Balik lagi ke soal visa waiver Jepang, jadi bagaimana caranya agar kalian bisa berangkat ke Jepang tanpa ada visa? Ini dia ulasannya.

Visa Waiver Jepang

Photo Credit : backpackerumrah.com

Cara bikin visa waiver untuk ke Jepang

Satu hal yang harus sudah kalian punya sebelum membuat visa waiver Jepang yaitu e-passport atau biometric passport. Perbedaannya dengan paspor biasa ialah terdapat chip di awal halaman passport yang berisi tentang data-data Ezytravelers sehingga ketika di airport kalian bisa masuk lewat automatic gate dengan melakukan scan secara langsung pada chip yang ada di paspor Ezytravelers.

Kalau belum memiliki, buruan update passport biasa kalian di kantor imigrasi, biaya yang dikenakan untuk pembuatan e-passport ini adalah enam ratus ribuan dengan proses yang Tidak beda dengan pembikinan passport biasa tapi hasil jadi passportnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Setelah mengurus e-passport, kalian bisa klik situs ezytravel.co.id untuk bikin visa waiver. Kalian gak akan dibikin susah dan repot datang ke kedubes Jepang untuk membuat Visa Waiver ini lho. Harganya terjangkau, kalian tinggal berikan dokumennya saja dan Visa Waiver akan bisa kalian pakai jika datang ke Jepang.

Yang harus diperhatikan mengenai visa waiver Jepang

  1. Visa waiver Jepang hanya berlaku untuk kunjungan dengan jangka waktu maksimal selama 15 hari. Jadi, buat Ezytravelers yang akan berkunjung ke Jepang melebihi waktu maksimal masih harus tetap mengajukan visa secara normal ke pihak Kedutaan Jepang.
  1. Tujuan kunjungan ke Jepang yang biasa menggunakan visa waiver misalnya untuk wisata, bisnis, kunjungan keluarga, ataupun kunjungan singkat lainnya.
  1. Visa waiver valid selama 3 tahun atau selama masa berlaku e-passport kalian yang kurang dari 3 tahun.
  1. Jangan tertipu dengan tulisan yang menyatakan kalian dapat sesuka hati ke Jepang tanpa visa bagi yang sudah memiliki e-paspor, Ezytravelers harus tetap mendaftarkan e-passport di kedubes untuk mendapatkan stiker visa waiver Jepang
  1. E-passport yang nggak didaftarkan dan Ezytravelers yang sudah terlanjur berangkat ke Jepang dengan tidak ada visa nggak boleh masuk ke Jepang dan akan dicegat di bandara Jepang. Selain itu, meski Ezytravelers sudah memiliki visa waiver, apabila petugas imigrasi memutuskan tidak ngasih ijin untuk masuk maka gak ada yang bisa Ezytravelers lakukan.
  1. Apabila E-Paspor ditolak waktu Registrasi, maka harus submit Visa ke Kedutaan Besar Jepang melalui jalur dan syarat biasa.
  1. Jika E-Paspor sudah pernah didaftarkan Registrasi, dan ada perubahan nama atau penggantian E-Paspor baru, maka harus registrasi lagi.
  1. Apabila pernah di tolak / dideportasi, harus mengajukan Visa dengan jalur dan syarat seperti biasa ke Kedutaan Besar Jepang.

Visa Waiver Jepang

Langkah Mudah Bikin Visa di Ezytravel.co.id

Nah, kalo pengajuan visa kalian tidak diterima kedubes Jepang, kalian tidak usah khawatir, karena kalian bisa datang ke Kantor Kedubes Jepang yang lokasinya di Jalan. MH Thamrin No. 24, Jakarta Pusat untuk mengurus Visa Waiver kalian sendiri.

Persyaratan yang harus dibawa oleh kalian adalah e-paspor yang asli dan masih berlaku/valid, dan formulir pendaftaran visa waiver Jepang yang dapat kalian download disini kemudian isilah dengan lengkap dan ikuti petunjuk yang ada dibawah ini:

  1. Pendaftaran visa di Kedubes Jepang dibuka pada jam 8.30 pagi sampai jam 12 siang (termasuk visa waiver).
  1. Setelah Ezytravelers mendapatkan pass untuk masuk, langsung menuju ke lokasi pendaftaran visa dimana kalian akan menemukan lima buah loket pendaftaran.
  1. Bawa nomor antri pendaftaran di mana nantinya nomor antrian Ezytravelers akan dipanggil. Proses pendaftaran e-passport untuk mendapatkan visa waiver Jepang ini gak terlalu lama.
  1. Cara bikin visa waiver setelah kalian tiba di loket cukup saja dengan memberikan e-passport dan juga form pendaftaran visa waiver, kemudian Ezytravelers akan mendapatkan bukti penyerahan dokumen.
  1. Proses pembuatan visa waiver membutuhkan waktu kerja 2 hari, jadi setelah selesai mendaftar, kembalilah dua hari kemudian untuk mengambil visa waiver kalian.
  1. Cara bikin visa waiver ini gratis dan nggak dipungut biaya apapun, Ezytravelers juga bisa diwakilkan untuk mendaftarkan e-passport kalo nggak sempat berangkat sendiri.

 

Mudah kan mengurus visa waiver untuk ke Jepang, biayanya gak mahal lagi.

Meski nggak ada di persyaratan yang diminta, kadang-kadang petugas akan bertanya mengenai hal-hal lain misalnya bukti booking tiket ke Jepang (lebih baik kalau tiket pulang pergi), Kartu Keluarga bagi yang berangkatnya rombongan keluarga, dan dokumen sah lainnya, maka gak ada salahnya untuk menyiapkan dokumen-dokumen tersebut.

Mau liburan ke Jepang? Temukan pilihannya di sini: Visa Waiver Jepang dan Paket Wisata Jepang

Di Negara kita sendiri ada beberapa kantor konsulat jenderal atau konjen Jepang selain di Jakarta, yaitu ada di Surabaya, Makassar, Medan, dan Denpasar. Kalau mau mengurus pendaftaran e-passport di konjen selain di Jakarta, ada baiknya Ezytravelers menelepon terlebih dahulu karena belum tentu konjen-konjen tersebut menyediakan layanan pendaftaran visa waiver Jepang.

Bagi Ezytravelers yang memiliki rencana singkat ke Jepang, lebih baik mulai mempersiapkan visa waiver ini agar nantinya tidak tergesa-gesa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s