Tau gak sih? 8 kuliner khas imlek yang paling sering disajikan

Tidak terasa sebentar lagi masyarakat Tionghoa akan memperingati Sinchia atau yang biasa disebut dengan perayaan Imlek. Bagi kalian yang belum mengetahui , Imlek ini dirayakan setahun sekali lho untuk memperingati tahun baru cina. Kebiasaan mereka yang merayakan, akan mengunjungi rumah saudara dan kerabat untuk saling bersilaturahmi. Tidak lengkap sepertinya jika bercengkerama bersama kerabat tapi tidak ada yang disajikan. Penasaran ga sih kalian hidangan apa saja yang biasanya sering disajikan pada saat perayaan Imlek? Yuk kita simak 8 kuliner khas Imlek yang wajib ada saat keluarga bekumpul.

Kue keranjang

makanan khas imlek

Photo Credit : Diamma.com

Kue keranjang? Pasti pernah mendengar dong. Kue keranjang adalah kue yang berbentuk keranjang yang umumnya disediakan pada saat perayaan imlek. Nah kue ini adalah kuliner khas Imlek yang paling sering disediakan lho. Kue ini rasanya manis dan memiliki tekstur yang lengket, hampir mirip sama dodol sih. Nah kue keranjang ini juga biasa disebut dengan dodol cina. Tekstur kue yang lengket mirip dodol ini mempunyai arti tersendiri lho, lengket itu sendiri bermakna melambangkan kedekatan keluarga. Kue keranjang ini juga biasa disajikan bertumpuk dari bawah ke atas mulai dari yang besar sampai yang kecil. Kue ini bisa disediakan dengan dikukus hangat-hangat dengan parutan kelapa atau digoreng menggunakan tepung terigu dan telur. Enak yaa! Jadi laper kalo ngebayangin hehe

FUNFACTS!

 

“Kalender suryacandra Tionghoa menentukan tanggal Tahun Baru Imlek”

Click to Tweet

 

Lapis legit

makanan khas imlek

Photo Credit : barukue.com

Siapa nih disini yang ga tau nih tentang lapis legit? Pasti semuanya udah pernah makan kan? Nah kue yang satu ini sudah sangat terkenal oleh banyak masyarakat di Indonesia, karena kue ini bukan saja disajikan pada saat perayaan tahun baru Imlek, tetapi biasanya kita bisa menemukan kue ini di acara-acara kekeluargaan seperti arisan atau di jajanan-jajanan pasar dan toko kue. Walaupun sudah sering ditemukan, kue ini adalah salah satu hidangan khas imlek yang wajib disajikan. Sesuai dengan bentuk dan rasanya kue ini menyimbolkan rejeki yang berlapis-lapis dan kehidupan yang lebih manis di masa yang akan datang.

Kue mangkok

makanan khas imlek

Photo Credit : bintang.com

Pada tau ga nih kue mangkok seperti apa? Sebagian orang udah ada yang tau tetapi Sebagian lagi bahkan tidak pernah melihat ataupun mencobanya. Kue mangkok sesuai dengan namanya berwujud layaknya sebuah mangkok, tetapi tidak sama persis ya guys hehe ini hanya perumpaan saja karena rupanya dinilai mirip dengan mangkok. Kue ini biasanya memiliki beragam macam warna karena semakin berbeda warnanya akan semakin menarik untuk memakannya. Tetapi pada saat perayaan tahun baru Imlek, kuliner khas imlek yg ini diberi warna merah untuk menganut warna khas dari perayaan tahun baru Imlek ini. Kue mangkok ini juga ada artinya lho, kue ini memiliki makna rejeki yang melimpah setahun ke depan dan berkembang layaknya wujud kue mangkok yang mekar.

 

Siu mie (Mie panjang)

makanan khas imlek

Photo Credit : dreamers.id.com

Kalo mie yang satu ini sih sepertinya belum banyak yg mengenal ya. Ini adalah salah satu makan khas imlek yang sering disajikan. Mie ini cukup memiliki perbedaan dengan mie yang biasa kita temukan. Sesuai dengan namanya, mie ini berbentuk panjang dan tidak putus yang disediakan dengan beberapa sayuran seperti kol, tauge dan sawi serta diberikan tambahan dengan irisan daging ayam, seafood dan bakso. Oh iya, mie panjang ini menyimbolkan bahwa mie ini akan membuat panjang umur buat siapa saja yang memakannya lho. Bagi yang mau panjang umur, yuk makan Siu mie ini.

Kuaci

makanan khas imlek

Photo Credit : citizen6.liputan6

Kuaci adalah salah satu kuliner khas imlek selanjutnya, cemilan kecil ini memang tidak bisa menjadikan kalian kenyang tetapi kuaci memiliki makna tersendiri yang dapat dipercaya bagi warga Tionghoa. Kuaci biasa disajikan untuk cemilan saat keluarga berkumpul di rumah. Hidangan kuaci disimbolkan sebagai kesuburan dan disegerakan dalam mempunyai keturunan.

 

Jiaozi

makanan khas imlek

Photo Credit : Chinatravelgo.com

Bentuknya memang hampir mirip dengan pangsit basah yang biasa kita dapatkan pada mie ayam ya guys. Tapi ini cukup berbeda lho. Jiaozi di isikan dengan daging babi cincang, udang cincang dan potongan sayuran. Jiaozi yang berbentuk bulat ini menyerupai bentuk uang Cina kuno sehingga dapat di artikan sebagai symbol rezeki yang berlimpah.

 

Manisan segi delapan

makanan khas imlek

Photo Credit : travelchannel.com

Kuliner khas Imlek berikutnya adalah Manisan segi delapan. Manisan ini di isi oleh bermacama-macam manisan buah yang dikeringkan dan biji-bijian untuk kudapan. Manisan segi delapan ini memiliki banyak makna, salah satunya adalah biji teratai yang menyimbolkan kesuburan dan leci sebagai ikatan keluarga. Sedangkan pemakaian kotak segi delapan karena angka delapan menyimbolkan keberuntungan bagi warga Tionghoa.

 

Jeruk Mandarin

makanan khas imlek

Photo Credit : bibitbunga.com

Kalo makanan yang satu ini tidak bisa ditinggalkan dari perayaan tahun baru Imlek. Tak lengkap rasanya jika tidak menyuguhkannya, buah yang satu ini sudah pasti menjadi sajian wajib yang disajikan saat perayaan Imlek. Jeruk mandarin bisa menjadi pencuci mulut setelah makan atau hanya sekedar camilan pada saat keluarga berkumpul bersama. Nah makna dari jeruk mandarin ini adalah warna kuning keemasan pada jeruk mandarin ini melambangkan symbol kemakmuran dan kekayaan yang akan selalu tumbuh besar.

Punya rencana buat liburan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Tiket pesawat murah, Tour murah ke Jepang, dan Penginapan murah

Sekarang udah pada tau kan, setelah dibaca artikelnya banyak ya makanan yang disuguhkan pada saat tahun baru Imlek. Tertarik untuk mencoba? Coba kalian datang pada saat perayaan Imlek temanmu atau kerabat yang merayakannya. Biasanya kalian akan disuguhi dengan kuliner khas Imlek seperti di atas dan pastinya perut kalian akan menjadi penuh untuk menyantap semua sajiannya hehehe jangan lupa minta dibungkus ya untuk orang dirumah. Selamat Tahun baru Imlek!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s